Di kalangan supporter Arsenal serta Arsenalnya sendiri, kita sering kali mendengar VCC. Sebenarnya apa VCC itu? VCC adalah singkatan dari ‘Victoria Concordia Crescit‘ yang artinya “Kemenangan yang berawal dari keharmonisan“. Hal ini terungkap pada cara bermain Arsenal yang menjanjikan hiburan dan permainan yang cantik terhadap para penonton pertandingan Arsenal. Di lapangan, pemain Arsenal seperti sedang di panggung keindahan sepak bola yang tak kalah dengan FC Barcelona.

Semenjak kepergian dari generasi emas Arsenal seperti Thierry Henry, Dennis Berkamp (pensiun), Robert Pires, Freddie Ljungberg, Ashley Cole, Sol Campbell dll Arsenal kehilangan bintang-bintang yang mereka harap bisa membawa kembali piala juara Premier League, FA Cup, dan juga European Champions League yang belum sempat dimenangkan sekalipun oleh Arsenal. Namun sejak saat itu, Arsene Wenger mulai memaksimalkan potensi pemain mudanya dan juga mulai menerapkan permainan passing kerja sama yang sangat indah. Mulai dari generasi Cesc Fabregas, Robin van Persie, Theo Walcott, Carlos Vela, Emannuel Adebayor, Gael Clichy, Kolo Toure,dll, VCC sudah berbenak di hati para pemain Arsenal.

Sejak saat itu Arsenal memiliki perbedaan besar denga klub-klub lain yang hanya mengandalkan bintang dan uang dalam meraih kejayaan. Arsene Wenger dengan tangannya sendiri, serta dukungan dari fans dan usaha dari para pemain menjadikan Arsenal sebagai salah satu klub yang paling disegani di dunia. Arsenal membentuk bintang, bukan membeli bintang. Victoria Concordia Crescit, merupakan motto dan cara Arsenal untuk meraih kejayaan hingga saat ini. Bila suatu saat Arsenal menjadi juara, Arsene Wenger adalah salah satu tokoh perubahan sepak bola dunia.

Come on Arsenal! Glory Arsenal! Victoria Concordia Crescit!

About these ads